'Yellow' Jadi Lagu ke Enam Coldplay yang Masuk Billion Views Club Youtube
Lagu “Yellow” milik Coldplay telah menjadi video musik ke enam dan terbaru band yang bergabung dengan Billion Views Club.
Lagu hit terobosan favorit mereka di tahun 2000 — yang menjadi pembuka penampilan Super Bowl Halftime Show 2016 — adalah video musik keenam band yang mengumpulkan lebih dari 1 miliar penayangan di YouTube.
Klip Billion Views Club mereka yang lain termasuk “Paradise,” “Adventure of a Lifetime,” “Something Just Like This” (dengan The Chainsmokers), “The Scientist” dan “Hymn for the Weekend” yang dibantu oleh Beyoncé.
Meskipun beberapa video musik band lainnya cukup megah, “Yellow” menonjol dengan gaya minimalisnya.
Video tersebut terdiri dari satu pengambilan gambar terus menerus tanpa pemotongan, perbedaan mencolok dari CGI dan beberapa set video musik band selanjutnya.
Baca Juga: Coldplay Merinci Upaya Perubahan Lingkungan dalam Tur Dunia ‘Music Of The Spheres’
“Yellow” menjadi singel utama di Amerika Serikat untuk Parachutes, album studio debut milik band yang memenangkan Grammy (memenangkan album musik alternatif terbaik pada acara penghargaan tahun 2002).
Di Billboard Hot 100, “Yellow” naik ke No. 48, sementara Parachutes mencapai No. 51. Jelas, para rocker telah berkembang pesat dari awal yang sederhana itu.
Band ini saat ini memiliki sepasang pemuncak tangga lagu Hot 100 — “Viva La Vida” tahun 2008 dan “My Universe” tahun 2021 (bersama BTS) — dari 24 keseluruhan karier.
Baca Juga: Coldplay Gugat Balik Mantan Manajer Rp 266 Miliar
Di Billboard 200, band ini telah mencetak empat album No. 1 dari 14 entri karier, termasuk pemuncak tangga lagu multi-minggu Viva La Vida atau Death and All His Friends (2008, dua minggu), X&Y (2005, tiga minggu) dan Ghost Stories (2014, dua minggu).
Selain entri Billion Views Club yang baru, band ini juga melihat dua lagu katalog mereka masuk ke YouTube AS.
Lagu Teratas di tangga lagu Shorts. Sepasang tren membawa “Viva La Vida” (No. 3) dan “Clocks” (No. 37) ke peringkat 40 teratas.
Tahun lalu, Coldplay melanjutkan Tur Dunia Music of the Spheres mereka yang keliling dunia, yang memberi mereka penghargaan artis tur rock teratas di Billboard Music Awards 2023.
Berdasarkan Billboard Boxscore, Tur Dunia Music of the Spheres adalah tur rock terbesar tahun 2023, dan tur terbesar kedua di semua genre.
Sejak dimulai pada tahun 2022, tur ini telah menghasilkan $664,5 juta dan menjual 6,7 juta tiket.
Perjalanan terbaru band ini adalah untuk mendukung Music of the Spheres, LP 2021 mereka, yang naik ke No. 4 di Billboard 200 dan mendapatkan penghargaan Grammy untuk album terbaik tahun ini.