Musik

Coldplay Merinci Upaya Perubahan Lingkungan dalam Tur Dunia ‘Music Of The Spheres’

Coldplay

Coldplay berbagi rincian mengenai langkah-langkah perubahan lingkungan yang mereka lakukan dalam tur dunia ‘Music Of The Spheres’.

Pada tahun 2019 lalu, band ini – yang terdiri dari Chris Martin, Jonny Buckland, Guy Berryman, dan Will Champion – mengumumkan bahwa mereka meluangkan waktu untuk mempertimbangkan bagaimana mereka akan melakukan tur di masa depan untuk menjadikannya ramah lingkungan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pada tahun 2022, mereka berjanji untuk mengurangi emisi sebesar 50 persen dibandingkan tur dunia mereka sebelumnya antara tahun 2016-2017.

Setahun kemudian, angka menunjukkan bahwa band ini mampu mengeluarkan emisi karbon 47 persen lebih sedikit dalam tur tersebut.

Baca Juga: Tur Coldplay Kurangi Jejak Karbon dan Tanam Lima Juta Pohon

Berbicara tentang pencapaian tersebut, Coldplay mengatakan pada saat itu, “Ini adalah awal yang baik – dan sesuatu yang harus sangat dibanggakan oleh kru kami yang luar biasa – tetapi jelas masih ada ruang untuk perbaikan.”

Kini, mereka telah merilis laporan keberlanjutan yang merinci seluruh inisiatif yang dilakukan selama Tur Dunia ‘Music of the Spheres’ yang sedang berlangsung.

DHL diikutsertakan sebagai mitra logistik resmi tur tersebut, dengan fokus pada penggunaan biofuel canggih di udara dan kendaraan listrik di darat.

Ketika kelompok ini tidak dapat mengurangi dampaknya, mereka telah mengurangi emisi yang tidak dapat dihindari dengan mengikuti panduan dalam Prinsip Oxford untuk penyeimbangan karbon Net-Zero Aligned.

Baca Juga: Film Music Of The Spheres Coldplay Tayang di Bioskop

Coldplay juga bermitra dengan BMW untuk menciptakan baterai pertunjukan mobile dan terjangkau yang terbuat dari baterai BMW i3 yang dapat didaur ulang.

Baterainya memberi daya pada 100 persen pertunjukan melalui energi terbarukan.

Mereka juga memasang lantai kinetik di sekitar stadion dan venue sehingga tarian dan gerakan penonton dapat diubah menjadi energi dan digunakan untuk pertunjukan listrik.

Band ini telah merencanakan secara strategis penerbangan minimal dan mengirimkan pengendara ramah lingkungan ke semua tempat dan stadion terlebih dahulu untuk menanyakan tentang praktik lingkungan terbaik yang dapat mereka lakukan.

Berbicara kepada NME tentang upaya lingkungan mereka pada tahun 2021, vokalis Coldplay Chris Martin bilang,“Alasan kami membuat iklan BMW adalah karena mereka memberi kami baterai untuk menunjukkan bahwa kita dapat menyalakannya dengan sisa minyak restoran dan tenaga surya."

"Kami juga mempunyai lantai kinetik ini di bagian depan penonton, jadi ketika mereka bergerak ke atas dan ke bawah, penonton akan menciptakan kekuatan."

"Perjalanan masih panjang, tapi kami ingin melanjutkan apa yang bisa kami lakukan.”