News

Mau Buat Usaha Kopi? Yuk Cek Ajang Indomilk Coffeepreneur Ini

Workshop Indomilk Coffeepreneur 2024 akan menghadirkan para ahli di industri kopi dan memberi pelatihan kepada lebih dari 700 coffeepreneur / barista di 11 kota.

Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas kopi semakin meningkat.

Dikutip dari Statista, hal tersebut didorong oleh berkembangnya budaya kedai kopi dan perubahan pola konsumsi generasi muda.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dengan meningkatnya daya beli dan paparan terhadap tren industri kopi global, generasi muda Indonesia telah memasuki budaya kopi gelombang keempat.

Kopi lokal berkualitas dan minuman es kopi berbasis susu dalam berbagai rasa yang sesuai dengan selera lokal, kini sedang menjadi tren. 

Minuman kopi berbasis susu seperti cappucino, latte, dan es kopi gula aren masih menjadi favorit konsumen di Indonesia saat ini.

Merespons tren yang berkembang, PT Indolakto entitas anak dari PT lndofood CBP Sukses Makmur Tbk melalui brand Indomilk, kembali mengadakan Workshop lndomilk Coffeepreneur yang tahun ini memasuki tahun ketiga akan diadakan di 11 kota, berlangsung mulai buIan Mei hingga Oktober 2024.

Kick off dimulai pada Senin (27/5) di Titik Temu Cafe, SCBD Jakarta.

Melalui workshop ini, Indomilk memberikan pelatihan dan edukasi bagi para pelaku usaha kopi, mulai dari tim R&D, headbar, hingga barista untuk berani eksplorasi dalam membuat aneka minuman kopi, maupun minuman lain yang menggunakan campuran susu.

Program ini menjadi bukti komitmen Indomilk dalam mendukung para coffeepreneur untuk terus berkreasi sehingga bisa membangun bisnis kopi yang berkelanjutan mengikuti perkembangan tren dan selera konsumen masa kini. 

Prita Utami, Trade Marketing Food Service Manager PT Indolakto, mengungkapkan selera konsumen dan tren minuman kopi terus mengalami perubahan.

Oleh karena itu, melalui program Indomilk Coffeepreneur ini, pihaknya secara konsisten ingin mengedukasi para coffeepreneur, termasuk barista, untuk terus berkreasi menciptakan minuman inspiratif baru favorit anak muda, terutama yang berbasis susu.

Setiap jenis minuman memiliki karakter yang unik, sehingga harus didukung dengan pemilihan jenis susu yang tepat untuk memperkuat karakter minuman tersebut.

''Rangkaian susu lndomilk, mulai dari fresh milk, UHT, susu evaporasi hingga susu kental manis adalah opsi yang tepat bagi para coffeepreneur untuk memulai berkreasi," ujar Prita.

Telah hadir di Indonesia lebih dari 50 tahun, lndomilk terus berinovasi menciptakan produk dairy terlengkap dan berkualitas yang dapat menjadi solusi pelaku usaha F&B dalam menemukan inspirasi kreasi menu.

Di antaranya, Indomilk Good Milk Fresh Milk cocok dipakai untuk membuat specialty coffee, seperti latte ataupun cappuccino; Indomilk Good Milk UHT Full Cream untuk membuat minuman kopi dingin; serta susu evaporasi dan kental manis Tiga Sapi yang biasa digunakan sebagai campuran ala kopi tradisional.

Seluruh rangkaian susu lndomilk telah memiliki sertifikasi keamanan pangan menyeluruh yang diakui internasional, serta didistribusikan secara luas, dan terbukti mampu menjaga kestabilan rasa, tekstur, dan kualitas minuman kopi. 

Di 2024 ini, program Indomilk Coffeepreneur turut menggandeng para pakar di industri kopi, seperti Hendri Kurniawan yang merupakan World Certified Coffee Judge dan Restu Sadam, seorang profesional barista sekaligus juara pertama Indonesia Latte Art Champion 2019 & 2021, untuk berbagi ilmu bagi para coffeepreneur melalui berbagai sesi workshop tematik. 

"Visi dari program Indomilk Coffeepreneur ini sangat menarik dan penting sekali untuk diketahui oleh para pelaku usaha kopi, atau mereka yang baru ingin memulai usahanya,'' kata Hendri.

Bukan hanya mengolah biji kopi, namun mengenali karakter susu juga menjadi hal yang krusial dalam berkreasi karena susu memegang peranan penting dalam mengangkat karakter suatu minuman.

''lni adalah langkah awal bagi para coffeepreneur untuk memajukan usaha kopi mereka dan membangun ciri khas tersendiri di mata konsumennya," ungkap Hendri Kurniawan. 

Menurut Restu, tak bisa dipungkiri bahwa penyajian kopi turut mempengaruhi citra dari seorang barista dan coffee shop yang dinaunginya.

Latte Art bukan hanya penambah nilai estetika minuman kopi, namun menggambarkan ketekunan dan keinginan barista untuk menyajikan yang terbaik.

Dalam membuat Latte Art, diperlukan produk susu berkualitas yang mudah di-frothing sehingga dapat menghasilkan busa yang lentur dan mudah dibentuk untuk menciptakan latte art yang smooth, silky dan shiny.

''Salah satu produk fresh milk yang memenuhi kriteria ini adalah Indomilk Good Milk Fresh Milk," kata Restu Sadam. 

Untuk menjangkau lebih banyak coffeepreneur di berbagai pelosok Indonesia serta memberikan edukasi yang bermanfaat bagi kemajuan bisnis usaha kopi mereka, Indomilk Coffeepreneur workshop akan diadakan di 11 kota yaitu Jakarta, Cirebon, Semarang, Solo, Surabaya, Malang, Medan, Pekanbaru, Balikpapan, Makassar dan Bekasi. 

Sejak rutin dijalankan dari tahun 2022, Indomilk Coffeepreneur telah menjangkau kurang lebih 600 coffeepreneur / barista.

Tahun ini, dengan meluasnya titik kota yang dikunjungi, Indomilk menargetkan lebih dari 700 coffeepreneur / barista bisa mendapatkan edukasi dan pelatihan terbaik seputar kopi dan susu.

''Harapan kami, program ini dapat terus mendukung para coffeepreneur untuk menyajikan kopi terbaik bagi konsumen sehingga bisnis yang dijalankan bisa terus maju dan sustainable," kata Prita.