News

Inilah 6 Motor Honda Paling Keren yang Pernah Dibuat

Honda Super Cub

Honda memiliki jajaran sepeda motor berpenampilan keren yang menawarkan gaya dan performa, termasuk beberapa sepeda motor inovatif yang tampil keren. Inilah enam motor Honda paling keren yang pernah dibuat.

Baik itu mesin berperforma tinggi hasil balap, mobil penjelajah jarak jauh, sepeda motor homologasi, skuter mungil ramah lingkungan, atau sepeda kafe yang dapat disesuaikan, Honda telah membuat beberapa mesin paling keren dengan roda dua.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Memang benar, apa yang "keren" itu sepenuhnya subjektif, terutama jika menyangkut sepeda motor.

Bagi sebagian pengendara, desain fungsional dihargai di atas segalanya dengan mengoptimalkan kinerja, dan segala sesuatu yang menyenangkan secara visual hanyalah produk sampingan yang menyenangkan.

Yang lain sengaja menginginkan sedikit flash, menginginkan sesuatu yang sesuai dengan kepribadian atau gaya berkendara mereka dengan performa keseluruhan sebagai prioritas kedua.

Beruntung bagi kedua pengendara ini dan semua orang di antaranya, Honda siap membantu Anda.

Seperti pabrikan mana pun dengan sejarah manufaktur yang panjang, ada beberapa hal yang tidak menyenangkan, tetapi hal itu kurang umum.

Seperti dilansir Slash Gear, secara keseluruhan, Honda memiliki jajaran sepeda motor berpenampilan keren yang menawarkan gaya dan performa.

Mereka juga memiliki sejarah balap yang kaya, termasuk beberapa sepeda motor inovatif yang tampil keren.

Honda Super Cub
Honda Super Cub adalah contoh bagus dalam mempertahankan desain yang sukses dan fungsional.

Pertama kali dirilis pada tahun 1958, Super Cub memiliki gaya modern abad pertengahan yang sangat sesuai dengan zamannya.

Honda Super Cub C125 saat ini banyak yang mirip. Ia memiliki gaya retro sederhana yang mengingatkan kembali pada akar skuter dengan skema warna serupa, bodywork yang memudahkan untuk naik dan turun, roda tinggi, dan ban tipis.

Super Cub asli dirancang ketika kurang dari 10% jalan di Jepang sudah diaspal, sehingga harus kokoh, namun juga harus mudah digunakan untuk menarik massa.

Ban yang tipis dan roda yang tinggi membuatnya mampu melaju dengan baik di jalanan kasar di Jepang.

Kontrol tangan mudah dioperasikan, dan perpindahan gigi dilakukan dengan kaki Anda — dirancang agar pengendara pengantar soba dapat berkendara hanya dengan menggunakan satu tangan.

Desain ini memberi Super Cub tampilan sederhana dan tidak berantakan — tampilan yang masih menjadi bagian dari bahasa desain dan kemudahan didekati hingga saat ini.

Hasilnya, ini adalah salah satu kendaraan terpopuler sepanjang masa dan salah satu sepeda motor Honda terbaik yang pernah dibuat; Honda telah menjual lebih dari 100 juta Super Cub sejak debutnya di tahun 50an.

Honda RC166 250
Honda RC166 adalah mahakarya desain dan teknik. Ramping, canggih, dan dibuat tanpa kompromi.

RC166 diperkenalkan untuk musim Grand Prix Sepeda Motor Dunia 1966, dan memenangkan kelima kelas seri tersebut pada tahun itu (yang pertama bagi pabrikan mana pun).

Kemudian, pada tahun 1967, RC166 kembali menjadi juara. Honda merasa puas dengan hasil tersebut, sehingga alih-alih bertahan, mereka malah mundur dari GP dan mengalihkan fokus ke paddock Formula 1.

Namun, apa yang mereka tinggalkan untuk kita adalah sebuah sepeda dengan proporsi yang hampir sempurna, garis bodi melengkung yang menyapu ke belakang dengan tujuan aerodinamis, dan soundtrack yang tak terlupakan yang terdengar dari enam pipa knalpot individual.

RC166 ditenagai oleh mesin enam silinder dengan kapasitas hanya 250cc, yang berkontribusi terhadap suaranya yang luar biasa.

Mesinnya berputar hingga 18.000 RPM yang sangat tinggi, dan RC166 terdengar tiada duanya di roda dua.

Jika Anda belum pernah mendengarnya sebelumnya, luangkan beberapa menit dan lakukan pencarian cepat untuk klip suara RC166 — Anda akan senang melakukannya.

Honda RC30
Dijual sebagai sepeda motor homologasi, RC30 ditawarkan ke publik dalam jumlah terbatas agar Honda bisa membalap dengannya.

Itu memiliki isyarat gaya ikonik seperti lengan ayun satu sisi aluminium, lampu depan ganda bulat, dan skema warna merah, putih, dan biru Honda.

Ini juga merupakan salah satu sepeda motor Honda yang paling langka di luar sana. Hanya 316 sepeda yang diimpor ke Amerika Serikat pada tahun 1990.

Pengaruh sepeda balap ada dimana-mana pada motor ini. Lengan ayun satu sisi, misalnya, memiliki desain yang elegan, namun juga memiliki fungsi: pergantian roda dan ban belakang yang lebih cepat di lintasan.

Penggeser garpu depan juga memiliki fungsi yang diambil dari balap – memungkinkan kaliper rem depan tetap terpasang saat mengganti roda depan.

Lalu ada pengencang hand-cinch di sepanjang sisi sepeda yang memprioritaskan perubahan fairing cepat tetapi juga terlihat bagus (terutama jika semuanya berbaris dan mengarah ke arah yang sama seperti mekanik yang berorientasi pada detail).

Honda CBX 1000
Hanya sedikit sepeda motor yang memiliki tampilan seunik Honda CBX 1000.

Dirilis pada tahun 1987, CBX 1000 ditenagai mesin enam silinder segaris 1.047cc yang menjadi pusat perhatian.

Kebanyakan sepeda motor memiliki empat silinder (atau kurang), jadi tidak banyak perpipaan yang bisa dipamerkan, tetapi CBX 1000, dengan keenam silindernya berjajar tegak lurus dengan tata letak sepedanya, tampak seperti burung merak dengan seluruh bulunya terpampang penuh.

Keenam pipa knalpot yang keluar dari depan mesin ditampilkan dengan berani, tidak terhalang bodywork, dan berjejer rapi.

Lalu, alih-alih digabungkan menjadi satu pengumpul knalpot dan digabungkan menjadi satu pipa knalpot, keenam pipa tersebut tetap terpisah hingga ke bagian ekor sepeda.

CBX 1000 memiliki semua ciri gaya sepeda kafe klasik yang Anda harapkan: jok yang panjang dan relatif datar, suspensi terbuka dan komponen drivetrain, serta lampu depan tunggal melingkar yang besar.

Desain ini sebagian terinspirasi oleh sepeda motor Honda GP tahun 1960-an, seperti RC166 yang disebutkan di atas, sehingga membuatnya semakin keren jika dipadukan.

Honda CX500 Turbo dan CX650 Turbo
Tersembunyi di bawah bodywork dan di belakang penukar panas, turbocharger tidak mudah dikenali pada Honda CX500 Turbo atau CX650 Turbo, tetapi Anda tidak akan salah mengira sepeda ini sebagai sepeda yang disedot secara alami.

Kata "TURBO" terpampang di pipa knalpot, ditempel di fairing depan di atas lampu depan, dan ditulis dengan lebih halus di sisi tangki bensin.

Sangat sedikit sepeda motor sepanjang sejarah yang memiliki turbocharger, dan CX500 adalah sepeda motor produksi pertama yang mendapatkan turbocharger – jadi kesombongan tersebut dapat diterima pada zaman tersebut.

Desain CX500 dan CX650 memiliki banyak ciri khas tahun 80-an dengan warna cerah dan velg cerah.

Ini adalah getaran yang mudah dipadukan dengan mullet atau high-top fade.

Font yang digunakan untuk mengeja "TURBO" di bagian samping sepeda juga bergaya tahun 80-an, dengan kombinasi warna yang cerah dan berani seperti kacamata hitam berwarna neon. Rad.

Honda CBR900RR Fireblade
Sebuah nama ikonik dalam hal performa, CBR adalah salah satu sepeda motor dengan performa terbaik dalam sejarah.

Ada lusinan sepeda CBR selama bertahun-tahun, yang mencakup semua jenis kapasitas mesin dan jumlah silinder.

CBR paling awal tidak memiliki fairing, namun sebagian besar telah dilapisi plastik selama bertahun-tahun, terlihat sangat mirip, dengan sedikit evolusi dalam gaya untuk mengikuti perkembangan zaman.

Salah satu sepeda paling unik yang menggunakan nama CBR dan yang pertama mendapat akhiran "RR" adalah CBR1000RR Fireblade tahun 1992.

CBR900RR Fireblade tahun 1990-an dengan roda dua. Ini menggabungkan gaya cangkir dixie, boyband pirang pucat, dan episode Miami Vice.

Fireblade '92 menggunakan mesin 900cc, namun dibuat dengan dimensi sepeda motor 750cc yang lebih kecil, sehingga tetap ringan dan kompak.

Formula tersebut dilanjutkan dengan beberapa sepeda CBR — paket ringan dan kompak dengan dimensi yang sama.

CBR600RR dan CBR1000RR, misalnya, memiliki wheelbase yang sama dan bodywork yang hampir sama hampir sepanjang keberadaannya.