News

Bersiaplah Untuk Melihat Gerhana Matahari Total di Tahun 2024, Begini Caranya

Melihat Gerhana Matahari Total

Bulan akan menutupi matahari pada 8 April 2024 bagi orang-orang di beberapa bagian AS, Kanada, dan Meksiko, menciptakan pengalaman yang berbeda dari biasanya.

Pada 8 April 2024, gerhana matahari total akan terlihat di Amerika Utara yang dimulai di Meksiko dan berakhir di Kanada, melewati 13 negara bagian AS.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Seperti dilansir NewScientist, meskipun gerhana dapat dilihat di banyak tempat, mengetahui secara pasti ke mana harus melihat gerhana adalah kunci untuk mendapatkan pengalaman gerhana seutuhnya.

Bagian permukaan bumi yang terlihat gerhana total disebut jalur totalitas dan lebarnya hanya 185 kilometer. Pemirsa di tempat lain di Amerika Utara akan melihat gerhana matahari sebagian.

Gerhana matahari terjadi ketika bumi, bulan, dan matahari sejajar sehingga bulan menghalangi cahaya matahari. Ukurannya cukup besar untuk menciptakan gerhana total ketika penyelarasannya tepat.

Bulan mengorbit bumi setiap bulan, namun sudut orbitnya lebih dari 5 derajat dibandingkan bumi mengelilingi matahari. Artinya ketiganya tidak terlalu sering berbaris sempurna.

Semua gerhana matahari dimulai sebagian, dengan hanya sebagian matahari yang terhalang.

Namun gerhana total memiliki bagian tengah khusus yang disebut gerhana total, di mana bulan menghalangi seluruh cahaya matahari.

Jangan pernah melihat matahari secara langsung saat terjadi gerhana sebagian. Untuk menontonnya bisa menggunakan kacamata gerhana, namun bukan kacamata hitam biasa.

Selain itu juga dapat menggunakan filter matahari yang dirancang untuk tujuan ini pada teropong atau teleskop, atau dapat membuat penampil gerhana menggunakan kamera lubang jarum yang memproyeksikan gerhana sehingga dapat melihat peristiwa tersebut secara tidak langsung.

Gerhana sebagian akan berlangsung kurang dari tiga jam. Bagi mereka yang cukup beruntung untuk berada di jalur totalitas, acara tahun 2024 akan menjadi acara yang spesial.

Karena orbit bulan mendekatkan dan menjauhkannya dari bumi pada berbagai waktu, beberapa gerhana total berlangsung lebih lama dibandingkan gerhana lainnya.

Kali ini, totalitas akan berlangsung selama empat menit. Totalitas adalah satu-satunya saat kita bisa melihat matahari secara langsung, tanpa filter matahari.

Gerhana matahari total merupakan pengalaman yang luar biasa. Suhu tiba-tiba turun, hari menjadi gelap dan kita dapat melihat bintang dan planet di siang hari.

Ada juga berbagai macam fenomena yang harus diwaspadai sebelum dan sesudah totalitas, seperti bayangan aneh dan apa yang disebut cincin berlian – kilatan cahaya terang yang dihasilkan saat sinar matahari melewati permukaan bulan yang tidak rata.