News

BMHS Pacu Transformasi Digital, Berikan Anjungan Pembayaran Mandiri Hingga Health Passport Bagi Pasien

 

Bundamedik Healthcare System (BMHS) hadirkan rangkaian inovasi teknologi di rumah sakit mulai dari anjungan pembayaran mandiri, rekam medis digital hingga health passport.

Bundamedik Healthcare System (BMHS) hadirkan rangkaian inovasi teknologi di rumah sakit untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan akses kesehatan yang mudah dan seamless.

Inovasi ini mulai dari anjungan pembayaran mandiri, rekam medis digital hingga health passport.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Langkah progresif BMHS dalam transformasi digital layanan kesehatan ini merupakan salah satu upaya untuk berkontribusi dalam mewujudkan visi pemerintah terhadap Indonesia Emas 2045.

Pasalnya, dalam mewujudkan visi tersebut dibutuhkan transformasi digital di sektor kesehatan agar mampu meningkatkan efisiensi, akurasi dan kualitas layanan kesehatan di Indonesia.

Baca Juga: Asyik, Tiket Desa Wisata Binaan Bakti BCA Bisa Diperoleh di Fitur Lifestyle BCA Mobile

Hal ini juga yang mendorong seluruh pelaku industri untuk mampu beradaptasi dan mengadopsi teknologi digital dengan cepat.

”Komitmen BMHS dalam menghadirkan layanan kesehatan terbaik dan terdepan bagi masyarakat Indonesia tentu sejalan dengan inisiatif pemerintah dalam menggalakkan transformasi kesehatan,'' ujar Nurhadi Yudiyantho, CEO Group BMHS & Managing Director PT Bundamedik Tbk.

Pengembangan teknologi kesehatan dalam ekosistem BMHS kini menjadi prioritas dalam menghadirkan akses layanan kesehatan yang berkualitas.

Melalui berbagai inisiatif digitalisasi serta kolaborasi aktif lintas sektor, BMHS fokus berkomitmen dalam memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para pasien.

''Hal ini merupakan langkah strategis kami untuk mencapai tujuan bersama dalam
meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia,” ujar Nurhadi.

Baca Juga: Kejutan Khusus, Baru Sepekan Jalani Wajib Militer, Jimin BTS Rilis Single Solo Closer Than This

Transformasi digital kesehatan dari sistem informasi yang terfragmentasi menjadi terintegrasi merupakan bagian dari pilar utama transformasi kesehatan Indonesia.

Pengembangan sistem kesehatan yang tangguh dan responsif serta memastikan penduduk berusia panjang dan hidup sehat menjadi bagian yang semakin penting untuk dilakukan.

Transformasi digital kesehatan BMHS juga dinyatakan dalam layanan patient journey terintegrasi OneBunda yang telah dimanfaatkan oleh lebih dari 65.000 pasien BMHS.

Platform OneBunda menjadi rantai digital yang menyatukan rangkaian layanan kesehatan yang telah dimiliki BMHS secara berkesinambungan dan memudahkan pasien untuk mengakses informasi dan layanan kesehatan melalui mekanisme omnichannel.

OneBunda hadir berbagai fitur seperti booking untuk janji temu dokter, telekonsultasi, pemesanan pemeriksaan lab beserta hasilnya yang dapat diterima secara digital.

Di sisi lain, pasien juga dapat mengakses layanan yang lebih personal seperti Buku Kehamilan dan Buku Vaksin Anak Digital.

Selain itu, untuk mengakomodasi kebutuhan pasien BMHS yang dinamis, proses pengembangan dan transformasi digital terus dilakukan.

Kini, BMHS memperkuat layanan dengan kolaborasi aktif lintas sektor. Seperti kolaborasi BMHS bersama Asa Ren, untuk mengembangkan fitur health passport dalam OneBunda agar pasien dapat terlibat secara aktif dan mandiri dalam manajemen kesehatan mereka sendiri, seperti akses terhadap rekam medis, rekomendasi pemeriksaan yang perlu mereka lakukan
sesuai profil kesehatan mereka, serta ragam informasi kesehatan yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun.

Kebutuhan akan proses layanan kesehatan yang lebih cepat sekaligus memberikan pengalaman online-to-offline yang seamless juga diupayakan oleh BMHS bagi para pasien yang melakukan kunjungan ke rumah sakit.

Melalui kolaborasi dengan Yokke, BMHS menyediakan Anjungan Pembayaran Mandiri bagi pasien untuk mempersingkat waktu antrian di kasir.

Selain itu, BMHS juga memberikan pengalaman mengakses layanan kesehatan dengan semakin mudah bagi pasien melalui integrasi sistem rekam medis pasien, pemesanan obat, hingga informasi total pembayaran untuk mempercepat proses pelayanan, yang saat ini sudah diimplementasikan di RSIA Bunda Jakarta.

Baca Juga: Yayasan Mahija Parahita Nusantara Berikan Dukungan Pendidikan Untuk Komunitas Pahlawan Daur Ulang

Lebih lanjut, BMHS juga memperluas informasi layanan dan produk kesehatan dengan sejumlah keuntungan yang ditawarkan, lewat kolaborasi lintas sektor bersama mitra strategis BMHS lainnya seperti PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (Garuda) dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (Mandiri) dengan kanal promosi digital.

Pemegang boarding pass Garuda kini dapat menikmati berbagai fasilitas kesehatan dalam ekosistem BMHS dengan harga khusus, hanya dengan menunjukkan boarding pass mereka saat memanfaatkan layanan kesehatan di jaringan Rumah Sakit Bunda Group. Sedangkan, bagi nasabah mandiri, kini dapat membeli produk atau layanan kesehatan di BMHS melalui aplikasi Livin Sukha.

“Digitalisasi di rumah sakit bukan hanya tentang penggunaan teknologi, tetapi juga tentang perubahan budaya dan proses untuk meningkatkan pelayanan kesehatan secara keseluruhan. Memaksimalkan transformasi digital layanan kesehatan menjadi langkah penting bagi BMHS dalam menuju pelayanan kesehatan yang lebih efisien, terjangkau, dan berkualitas,” ujar Nurhadi.